Header Ads

Demi Pesta Demokrasi yang Berintegritas, Petugas Pantarlih Ini Nyaris Digigit Anjing

 

Kurang lebih setahun lagi seluruh warga masyarakat Indonesia akan merayakan pesta Demokrasi 5 tahunan atau Pemilihan Umum (Pemilu) yang jatuh pada, (14/02/2024).



Menjelang pesta Demokrasi tersebut serangkaian persiapan terus dilakukan dari aras Nasional hingga ke elemen yang paling dekat dengan masyarakat akar rumput.


Salah satu elemen penting dalam mempersiapkan lahirnya pemilu yang Berintegritas adalah Pantarlih.


Pantarlih sendiri dibentuk oleh PPS atau PPLN dan memiliki tugas untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih.  


Tugas Pantarlih ini yang nantinya akan melakukan pencocokan dan penelitian atau Coklit yakni, kegiatan yang dilakukan oleh Pantarlih dalam Pemutakhiran Data Pemilih dengan cara mendatangi Pemilih secara langsung.


Hal tersebut tertuang dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi data Pemilih, Pemutakhiran Data Pemilih adalah kegiatan untuk memperbaharui data Pemilih berdasarkan DPT dari Pemilu dan Pemilihan Terakhir, serta DPTLN yang disandingkan dengan DP4 serta dilakukan pencocokan dan penelitian yang dilaksanakan oleh KPU. 


Memikul tugas dan tanggung jawab yang terbilang tidak muda, akhir-akhir ini ramai cuplikan aktivitas Pantarlih dalam melakukan Coklit dan tidak sedikit juga dari mereka yang menemui kendala yang sedikit berarti. Seperti yang dialami oleh salah satu Pantarlih dalam cuplikan Vidio Short YouTube @Lingkar Amfoang pada, (23/02/2023) yang dikutip mumolok.bligspot.com.


Tampak petugas Pantarlih bejenis kelamin perempuan itu mengenakan seragam Pantarlih lengkap yang hendak memasuki rumah warga untuk Dicoklit. Akan tetapi, nasib naas menimpa petugas tersebut sebab yang menyambutnya bukanlah DPT akan tetapi seekor anjing yang menakutkan.


Sontak petugas Pantarlih itu menjadi kaget dan gagal fokus bahkan dirinya tampak terlihat panik. Terdengar juga suara yang tak mampu menahan tawa saat menyaksikan perjuangan seorang Pantarlih nyaris digigit Anjing.


Kejadian itu dalam pantauan mumolok.blogspot.com menjadi viral dan sampai dengan saat ini telah disaksikan 2000 lebih kali.


Semoga perjuangan parah Pantarlih itu dapat membuahkan hasil yang memuaskan guna melahirkan Pesta Demokrasi yang berintegritas.


Untuk diketahui sampai dengan saat ini lokasi dan identitas dari petugas Pantarlih yang ada dalam Vidio yang menjadi viral itu belum diketahui pasti.


Simak selengkapnya vidio Petugas Pantarlih yang nyaris digigit Anjing. (Sumber, YouTube: Lingkar Amfoang)





Powered by Blogger.